animasi  bergerak gif
Tutorial Blog
animasi blog
Animasi Blog
animasi blog
Animasi Blog

Saturday, November 21, 2015

Fakta Menarik Otak Manusia

Fakta Menarik Otak Manusia



4 Fakta Menarik Otak Manusia 
Otak manusia tersembunyi dalam tulang tengkorak. Kita tidak bisa melihat otak di dalam kepala kita. Untungnya, teknologi sudah maju. Kini, ilmuwan tahu banyak fakta menakjubkan tentang otak kita.

Fakta 1. Penentu Sifat Manusia
                              
Otak mengatur segala sesuatu tentang diri kita. Mulai dari kita berjalan, bernapas, mengerjakan PR sekolah, dan tidur. Otak juga yang menentukan sifat pemarah, sabar, atau pintar.  Bahkan, otak yang membuat kita gelisah saat menginjak usia remaja, lo. Boleh dibilang, sifat dan perilaku kita itu ditentukan oleh otak kita.

Otak manusia adalah penentu semua kegiatan manusia. Termasuk perasaan dan emosi manusia. Foto: Istimewa

Fakta 2. Penuh Serabut Halus
Berat otak manusia awalnya hanya 3 ons saat bayi. Otak manusia lalu berkembang menjadi 1,4 kilogram ketika remaja. Ssst, otak manusia terdiri dari sel-sel yang tidak terlihat mata telanjang, namanya sel otak.
Sel otak ini sering disebut sebagai neuron. Bentuk neuron seperti serabut yang sangat halus. Ujung neuron bercabang mirip akar pohon. Seorang bayi mempunyai 100 trilyun sel otak.

Fakta 3. Berfungsi atau Mati
Uniknya, otak manusia belum berfungsi semua saat bayi. Hanya beberapa jaringan otak manusia yang berfungsi saat bayi. Oleh karena itu, bayi manusia belum bisa bicara atau berjalan. Lama-lama otak bayi akan berfungsi seluruhnya setelah belajar. Misalnya, bayi yang belajar bicara, akan bisa bicara. Bayi yang belajar berjalan akan berjalan.
Otak jika tidak dirangsang bekerja keras dan belajar akan tidak berfungsi atau tidak menyala. Foto: Istimewa
Ilmuwan mengatakan sel otak harus dirangsang jika manusia ingin pintar sesuatu. Caranya, dengan belajar dan bekerja keras. Jadi, jika manusia ingin pintar matematika, maka sel otak bagian matematika harus sering diberi latihan. Sel otak yang tidak diberi latihan akan mati, lo. Seperti bunga di taman yang layu mati karena tidak diberi air.


Fakta 4. Tercapai Karena Belajar
Selama ini orang mengira orang bisa sukses karena punya bakat. Misalnya, Bill Gates sukses jadi ahli komputer karena punya bakat komputer. Atau pemusik The Beatles sukses karena mereka punya bakat musik. Ternyata, pendapat itu salah, lo.

Semua orang sebetulnya punya bakat. Namun, orang bisa sukses karena melatih otaknya. Mereka selalu belajar dan bekerja keras. Otak manusia yang belajar dan bekerja keras akan menyala terus dan tidak mati. Hasilnya, orang itu bisa mencapai apa yang dicita-citakan.

1 comments:

Unknown said...

nice

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates